Keindahan di Pesisir Banten




Pantai Carita

Pantai ini terkenal dengan pasir pantainya yang putih sehingga membuat kawasan ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pantai Carita kaya akan sumber daya alamnya. Hamparan tepian yang amat landai dengan ombak laut yang kecil dan lembut menyapu di sepanjang pantai, dipadu dengan pemandangan Gunung Krakatau. Untuk akses menuju Pantai Carita, Jarak tempuh dari Jakarta ke Pantai Carita sekitar 130km dapat melalui jalan tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang tol Cilegon Timur.
Perjalanan Pangkal Kaya:
*Dari Jakarta, bisa naik bus luar kota ke Cilegon, baru mencari bus jurusan Anyer lalu ke Carita, lalu ke Panimbang, lalu ke Tanjung Lesung kisaran harga Rp. 17.000 - Rp. 20.000. Atau naik pesawat ke Lampung, lalu menyeberang dari Bakauheni ke Merak. Tetapi biasanya waktu tempuh lebih lama.

Pada awalnya wisata Alam Pantai carita merupakan salah satu hutan lindung di Pandeglang yang memiliki luas 95 hektar. Dengan potensi alamnya yang indah, seperti pantai yang landai serta ombak yang tidak terlalu besar. Menjadikan kawasan ini cocok untuk dijadikan kawasan wisata. Dan pada tahun 1978 ditetapkan lah kawasan ini menjadi salah satu objek wisata pantai di Banten yang dinamakan Pantai Carita. Berbagai aneka flora dan fauna terdapat di kawasan Pantai Carita ini seperti kera ekor panjang, lutung, biawak, ular sanca, kelelawar, alap-alap, serta elang. dan untuk flora bisa kita temukan seperti pohon mahoni, jati, mahoni afrika, dan bungur. Kawasan yang kaya akan kekayaan alam ini hendaknya dijaga oleh warga sekitar dan para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Pantai Carita.
*Sumber:
1. 
https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Carita
2. http://static.initempatwisata.com/mediafiles/2014/05/Wisata-Pantai-Carita.jpg

Comments