TEMILNAS 2016

TEMU ILMIAH NASIONAL (TEMILNAS) Ekonomi Islam XV ini diadakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yang menaungi Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Forum Intelektual Ekonomi Syariah (FIES). UMY menyelenggarakan acara dengan mengangkat tema “Revitalisasi Modal Sosial dalam Pembangunan Ekonomi Desa” yang mana acara ini termasuk kedalam rangkaian acara Milad UMY ke 35.



Agenda Kegiatannya tersendiri terbagi dari Seminar Internasional, Olimpiade Ekonomi Islam, Debat Ekonomi Islam, Sarasehan FoSSEI, Bedah Film, Srikandi, Pameran Industri Kreatif, Achievement Motivation Training, Simposium, Gathering Night, dan Field Trip. 

Di malam puncak acara ini diadakannya Gathering Night di Lapangan Bintang UMY, yang merupakan grand closing serta pengumuman pemenang rangkaian lomba TEMILNAS XV FoSSEI 2016 dengan rangkaian acara Kesenian dan Kebudayaan Indonesia yaitu Hiburan menarik, Angklung Jalanan, Tari Tradisional, Tari Hip-Hop. Waktu acara pada hari Sabtu, 12 Maret 2016 Pukul : 19.00 - 22.00 WIB. Banyak yang dijual pada malam puncak, ada Souvenir Khas Yogyakarta, Pakaian muslim, Makanan&minuman termasuk Ice Cream Ubi yang dibuat oleh Mahasiswi UMY. Kurangnya dalam acara ini adalah banyaknya sampah yang bertebaran dan sampah tersebut justru malah dekat dengan Photobooth acara sehingga mudah dilihat. Padahal, sudah disediakannya tempat sampah yang tersedia. Panitia acaranya tersendiri sangat ramah dan baik hati, memakai baju formal yang sopan dengan memakai Batik.




Pada acara yang terakhir yaitu Field Trip, pada kegiatan ini peserta diajak untuk berkeliling menikmati dan menelusuri keindahan budaya dan heritage kota Yogyakarta yang telah dipilih adalah Sentra bakpia, Sentra Batik dan Benteng Vredenburg. Acara TEMILNAS rutin dilakukan satu tahun sekali tetapi berbeda daerah, dan tahun ini baru di Yogyakarta.


Sumber: Wawancara Pribadi dengan Panitia 


Comments