Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta 55133, Indonesia
Struktur Organisasi
1. Pimpinan Suaka Purbakala : RM Bambang Prastari
2. Pimpinan Pengelola Lapangan : Wiyono
3. Bagian Penjualan Tiket : Siti Nurani & Arida Irianti
4. Petugas Keamanan : Maryoto & Topan
5. Petugas Penjaga Loket : Slamet Riyono
6. Petugas Kebersihan : Ridwan, Wanto & Mulyono
Jenis Atraksi yang Ditawarkan
1. Menyediakan tempat untuk proses shooting film (diperlukan perizinan khusu)
2. Halaman depan bisa digunakan untuk menyelenggarakan
berbagai event
3. Dinner eksklusif
4. Wedding party
Sasaran Pasar
Pelajar,
mahasiswa dan masyarakat umum.
Target Jumlah Kunjungan
Pihak pengelola Tamansari tidak menerapkan target khusus
dalam kunjungannya. Selama ini kunjungan wisatawan di Tamansari selalu
meningkat setiap tahunnya. Terutama pada saat peak season.
Waktu Penyelenggaraan
Open Hour : Buka Setiap Hari Senin-Minggu 08.00-15.00
Amenitas dan Akses
Akses menuju Tamansari sangat mudah. Bisa ditempuh
menggunakan kendaraan pribadi maupun shuttle wisata yang telah tersedia.
Amenitas yang ada di Tamansari terdapat toilet, lahan parkir, penjual makanan
ringan dan souvenir khas Yogyakarta.
Catatan Kritis
Untuk pengelolaan Daya Tarik Wisata Tamansari sudah cukup baik, tetapi
alangkah lebih baik apabila pihak Tamansari lebih memperhatikan kebersihan dan
melakukan pembersihan atau renovasi secara berkala supaya Daya Tarik Wisata tersebut semakin
terawat. Selain itu tidak tersedianya mushola akan mempersulit pengunjung
muslim yang ingin beribadah. Selain itu sistem buka tutup sebaiknya juga
diterapkan pada saat peak season untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan.
*sumber foto: https://coretanpetualang.files.wordpress.com/2011/12/istana-air-tamansari-jogjakarta-taman-kolam.jpg
*sumber foto: https://coretanpetualang.files.wordpress.com/2011/12/istana-air-tamansari-jogjakarta-taman-kolam.jpg
Comments
Post a Comment